Halaman

links

(hidrodinamika) pengenalan

Posted by YAZID RIDLA the inspirational leader On Rabu, Februari 23, 2011 9 comments

Hidrodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan gerak liquid atau lebih dikhususkan pada gerak air. Skala atau lingkup analisis ilmu ini adalah pada gerak partikelir air atau dapat disebut dalam skala makroskopik. Skala makroskopik disini memiliki maksud air tersusun dari partikel-partikel fluida. Mengapa makroskopik karena partikel fluida bukan skala terkecil air yakni atom. Lebih penting lagi bidang ini merupakan aplikasi matematik bukan fisika. Karena berhubungan dengan perlakuan matematik dari persamaan-persamaan dasar fluida kontinyu berbasis hukum-hukum newton. Jadi objek yang dijadikan bahan analisa merupakan fluida newton.

Mempelajari hidrodinamika memiliki beberapa fungsi yang berkaitan dengan keilmuan oseanogarafi. Fungsi pertama adalah untuk mengetahui dan memehami kejadian atau fenomena-fenomena fisis yang terjadi di laut. Lalu juga dapat digunakan untuk memprediksi gerak fluida karena didalamnya dipelajari tentang unsur-unsur penggeraknya. Yang ketiga untuk membangun daya analisa bagi seorang peneliti. Daya analisa ini sangat bergantung pada riset yang dilakukan. Riset bukan hanya mencari tahu tentang apa yang belum kita ketahui. Karena ika hanya itu batasan riset maka orang yang tidak berpendidikan pun dapat melakukan riset yang sangat-sangat sederhana. Riset juga bukan hanya kegiatan untuk menambah kecerdasan peneliti. Dan riset tidak hanya menjabarkan fakta-fakta empiris namun juga menyajikan hasil analisa yang mendalam serta komprehensif. Disanalah dibutuhkan ahli-ahli yang mampu membuat hasil analisa untuk melakukan sebuah riset.

Jika menilik kembali sejarah munculnya ilmu hidrografi ini maka tidak heran jika konsep matematika jauh lebih berperan dibanding konsep-konsep fisika. Ilmuwan-ilmuwan yang merumuskan ilmu ini adalah para pakar matematika yang mencoba menganalisa gerak air dan fenomena lainnya di lingkungan mereka dengan formulasi matematika.

Konsep dasar hidrodinamika
Berikut ini adalah beberapa konsep dasar yang menjadi bahan acauan dala menganalisa fenomena fisis air dalam hidrodinamika:
Partikel fluida adalah material point. Maksud dari material point ini adalah fokus analisa gerak fluida adal partikel fluida.
Dasar partikel fluida dapat diasumsikan homogen, isotropic, dan kontinyu dalam skala makroskopik.
Gerak pola molekul dan gerak brown tidak dibahas karena tidak memberi pengaruh signifikan terhadap gerakan skala makroskopik.
Hukum mekanika fluida didapat dari mengintegrasikan hukum perilaku partikel-partikel fluida sepanjang jejak geraknya didalam ruang
Kajian hidro dapat dikaji dalam dua bagian yaitu:
Memilih persamaan-persamaan umum diferensial parsial yang mengatur gerak dari partikel fluida
Memperlajari berbagai metoda matematika untuk mengintegrasikan persamaan-persamaan tersebut.
Hubungan antar partikel fluida dapat dikatakan partikel fluida dapat berubah dan setiap partikel memiliki geraknya sendiri-sendiri yang berbeda dan mudah untuk dikenali dari pertikel lainnya.

τ=μ dVj/dXi
Hidrodinamika fokus pada objek fluida newtonian

9 komentar:

hahaha maaaaciii kaka yazid, lumayan buat nambah-nambahin pengayaan :P

yoo... sama-sama tapi ga semuanya saya posting lho... hehe jangan terlalu ngandelin irtikel ini, entar sama semua lagi..

kk ..mau nanya nih , ttg gerak elemen fluida ,gerak elemn fluida iu kan dibagi lagi menjdi deformasi linier dan deformasi sudut rotasional dan irotasional dari ke 4 gerak elemen fluida yang diatas,apakah mungkin diantaranya terjadi secara bersamaan dan apakah mungkin terjadi secara bersamaan di alam terbuka.tolong dijelasin yah k .

hei daniel john... coba kirim email ke email saya ya.. yazid.ridla@gmail.com ntar saya jawab, kemarin ada yang nanya dengan pertanyaan yang sama tapi pas saya mau kirim jawabannya ga bisa bisa

salam kenal mas yazid..

saya lia mahasiswa yg sedang mengerjakan tgas akhir maslah hidrodinamika..
sya ingin tanya2 tentang masalah hidrodinamika di pertemuan dua sungai boleh mas??
klo tidak keberatan nanti sya email ke mas..
terimakasih sebelumnya...

Waduh mbak lia maaf banget saya sempat fakum dari dunia blog ini. masih membutuhkan bantuan kah? jika bisa saya akan bantu sebisa saya.

mau tanya dong, cabang dan paralel hidrodinamika itu gimana sih ? lagi ada tugas ni :(

makasih ka,, lumayan buat referensi pengayaan.. hehehee

Posting Komentar