Halaman

links

Jadi pembajak

Posted by YAZID RIDLA the inspirational leader On Jumat, Mei 17, 2013 No comments

ini tentang Tugas Akhir gw di Ose ITB. Kan TA gw itu ttg couple model bio-fisis untuk mensimulasikan kejadian harmful algal bloom (HAB) sekilas ttg HAB, jadi itu adalah fenomena tingginya konsentrasi satu jenis sel fitoplankton berbahaya, bisa beracun yg mematikan dan merusak ekosistem. yah TA gw untuk memodelkan kejadian tersebut. mematematika-kan hidupnya benda bernyawa. nah model fisis gw itu berasal dari POM (princeton ocean model) dan model biologinya gw script sendiri nanti.

tantangan pertama adalah mengobrak abrik script POM yang panjangnya itu kalau gw print ke kertas A4 bisa sampe 48 lembar. gw harus mengobrak abrik dan mencari tahu cara berfikir orang yang membuat POM. maksud dia itu apa sih script, rumus, angka angka, dan parameter yang ditulis itu. maka dari itu gw jadikan project ini sebagai pembajakan POM.

Ternyata membajak POM itu hanya membutuhkan waktu seminggu lah ya untuk bisa tahu semua arti parameter yang ditulis. tapi yang paing sulit adalah menjadikan diri ini sebagai pembajak yang ulung. gw butuh lebih dari tiga bulan untuk membuat diri gw ini menjadi pembajak POM. gila banget. pertemuan pertama dengan POM terjadi ketika gw ngedownload scriptnya. setelah itu gw buka pake fortran 77. GILA...!!! langsung pusing kepala gw ngeliatnya. Apa ini yang gw liat. macam pula mata ini harus melihat sesuatu yang BEUH... gila. langsung skip, close, dan ga pernah dibuka lagi selama lebih dari dua minggu. setelah itu gw dikasih POM yang sudah dimodifikasi oleh pembajak sebelumnya yang ternyata dibajak oleh beberapa dosen gw haha. dan gw makin ga ngerti blas. ASEM kali ini. tapi konsep hidup gw mempercayai bahwa kondisi gw kali ini bagaikan waktu senja. gw tau bahwa gw akan menghadapi kegelapan dalam waktu yang sangat lama. Bahkan gw pasti akan bertemu dengan gulita total. Pilihan gw hanya menunggu secarik cahaya yang mengelus pelupuk mata gw atau terobos kegelapan dengan seluruh daya upaya meraba dinding tak bermateri. gw pilih yang kedua soalnya gw tau cahaya fajar terlalu jauh dan sombong bagi manusia tanpa asa. Hanya dengan berlari terseok terperosok kearah timurlah kita akan mampu menjemput fajar lebih cepat. karena waktu gw tidak banyak

Proses terseok, terperosok, meraba hampa membuat emosi dan energi sangat terkuras. Terkadang memilih untuk terdiam saja dan berusaha menutup mata menggambar mimpi indah. Dimulai dari mendownload user manual aslinya POM, mencoba membuat flowchart yang hanya tercapai ga nyampe 5 persen dari seluruh model, bahkan ga sampe 15 persen dari model utamanya.Ngeprint script berlembar lembar beserta user manualnya. mahal boy. mencoba running model yang pernah dibuat sebelumnya. semuanya terlihat hopeless. ditambah lagi temen gw yg model juga tapi ga pake model primitif (POM) seperti gw, dan modelnya dia sangat user friendly tinggal klik klik jadi, udah running model berkali2 membuat gw merasa makin bodoh. gila banget lah pkiran gw. dalam hati gw berkata "kenapa kok ga ada yang ngebuat model HAB sebelumnya sih?". tiga bulan berdarah darah rasanya gw ga dapet apa apa. tapi ternyata, Allah emang maha adil.

masuklah masa UAS, dosen pembimbing gw udah sering mengingatkan untuk segera mengerjakan model fisinya dulu. tapi karena dosen gw sangat perhatian dan perasa maka gw ga terlalu ditekan dalam masa UAS terakhir gw ini. dihari terakhir UAS gw membeli banyak kopi untuk disimpan sebagai bekal gw nginep di lab terus. Sehari sebelum UAS terakhir adalah hari pertama gw mengikat kain merah perjuangan di dahi gw untuk menghancurkan dan mencabik cabik setiap inci "string" algoritma penyusun model POM. saat itu keadaannya mirip seperti masa kelam gw sebelumnya. tapi tepat di tengah malam sebenarnya, sekitar jam setengah satu malam, di kosan, gw merasakan ada perubahan tekanan udara. Angin dingin mulai menggelayuti bulu bulu kecil di lengan dan leher. pertanda apakah ini?

tunggu di Jadi Pembajak 2


0 komentar:

Posting Komentar