Halaman

links

Rumput Laut

Posted by YAZID RIDLA the inspirational leader On Minggu, Desember 12, 2010 No comments

Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang berasal dari daerah pesisir laut. Rumput laut termasuk dalam vegetasi alga laut. Sumber daya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem karang mati dan substrat pasir pantai dan hidup di kedalaman laut yang masih dapat ditembus cahaya matahari. Tanaman ini adalah gangang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Rumput laut terdiri dari beberapa jenis alga yakni alga merah (rodophyceae), alga coklat (phaeophyceae), alga biru (cyanophyceae), dan alga hijau (chlorophyceae). Jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang.

Rumput laut adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Hal ini telah ditemukan dan dimanfaatkan ribuan tahun (2700 sebelum masehi) yang lalu oleh bangsa-bangsa Asia yaitu bangsa Jepang. Rumput laut mempuyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia kandungan dalam satu tumbuhan terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbuhidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan karbon (22,25%). Selain itu juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D,E, dan K) dan maro mineral seperti nitrogen, osigen, kalsiun, dan selenium serta mikro mineral yaitu zat besi, magnesium, dan natrium. Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput lautsangat tinggi hingga mencapai 10-20 kali lipat dari tanaman darat.

Obat kimiawi dari rumput laut dabat dibuat dengan estraksi kandungan kimia yang terkandung didalamnya. Dalam rumput laut terdapat senyawa alginat yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan obat antibakteri, antitumor, penurun tekanan darah tinggi, dan mengatasi gangguan kelenjar. Unsur yang terkandung dalam senyawa alginat ini adalah mineral seng, selenium, dan iodium. Unsur seng dan seleium diketahui dapat mencegah kanker. Unsur seng dalam senyawa ini seratus kali lipat lebih tinggi dari air laut. Bahkan kadar iodium dalam kandungan sumber hayati ini mencapai dua ribu kali lebih besar dari air laut.

Pemanfaatan rumput laut sebagai obat dapat dikonsumsi sebagai hasil olahan dalam bentuk makanan jadi seperti nori, agar-agar, kombu dan wakame, dan manisan rumput laut. Nori adalah bubur rumput laut yang dibuat seperti kertas dan digunakan sebagai pembungkus rollade goreng, sushi dan udang gulung. Kombu dan wakame adalah Sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunya digunakan untuk isi soup, salad atau tumisan. Sedangkan wakame, bentuknya hampir menyerupai kombu, biasanya digunakan untuk campuran salad, isi soup atau campuran mie. Nori dan kombu serta wakame adalah makanan khas jepang sehingga menurut penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. Secara tradisional, rumput laut dipercaya dapat mengobati batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, influenza, dan artritis.

0 komentar:

Posting Komentar