Halaman

links

Posisi Potensi dan Peran Mahasiswa Dalam Masyarakat

Posted by YAZID RIDLA the inspirational leader On Senin, Juli 04, 2011 No comments

ha... ini tugas pas waktu OSKM dulu

Masyarakat dapat dibagi dalam tiga ranah. Pertama adalah sektor Publik yang berisi orang-orang yang bermain dalam banyak kebijakan publik. Mereka adalah para wakil rayat yang bermain-main di gedung senayan, presiden dan para pembantunya di jajaran kementrian. Ranah kedua adalah sektor privat yang mengendalikan gerak roda-roda perekonomian bangsa. Mereka adalah kalangan pengusaha yang bergerak dalam bidang industri. Ranah ketiga adalah sektor yang paling banyak diisi oleh sebagian besar masyarakat indonesia. sektor ketiga diisi oleh rakyat sipil baik itu yang tidakmemiliki pekerjaan, PNS, pekerja dan relawan LSM, hingga mahasiswa. Jadi dapat kita lihat bahwa kedudukan mahasiswa di masyarakat adalah sebagai rakyat sipil biasa. Namun keberadaan mahasiswa hakikatnya memiliki keistimewaan tersendiri yang menghasilkan ke khasan gerakan mahasiswa dalam perannya dalam kancah nasional maupun internasional.
Sebelum membahas peran maka kita harus melihat posisi dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa dalam kerangka masyarakat sipil dapat dilihat sebagai kaum terpelajar. Mahasiswa juga merupakan bagian dari civitas akademik lembaga universitasnya. Keberadaan universitas sebagai lembaga formal pendidikan memberikan potensi jaringan luas yang dapat mejangkau seluruh sektor di Indonesia. kepentingan para pejabat publik dan pelaku industri bagai simbiosis mutualisme jaringan dengan kampus dan tentunya mahasiswa. Sebagai masyarakat sipil terpelajar maka mahasiswa memiliki kelebihan dalam hal intelektual. Potensi akademis adalah jalan perbaikan bangsa di masa depan. Pos-pos kebangkitan bangsa dimasa depan bergantung pada penguasaan bidang intelektual kita saat ini. Potensi besar lainnya adalah lingkungan kondusif di dalamkampus yang dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai insan akademis untuk mengembangkan berbagai skill dan memperluas wawasan kebangsaan dan keilmuan.
Potensi-potensi besar mahasiswa merupakan sebuah tanggung jawab sendiri yang harus direalisasikan dalam bentuk peranan aktif di masyarakat. Menurut tri dharma pendidikan maka peran kita dapat diturunkan dalam beberapa hal teknis. Pertama adalah kedekatan langsung dengan masyarakat sebagai aktor pengembangan masyarakat. Bentuknya bisa berupa baksos, comdev, maupun relawan dalam aksi bencana alam dan sosial. Kedua adalah terus mengembangkan kemampuan kita sebagai amanah nasional yang dibebankan oleh rakyat. Kita harus berprestasi dalam hal akademis maupun non-akademis. Ketiga dalam hal sistem yang berlaku secara nasional maka kita harus bergerak dalam ranah sosial politik juga. Sebagai mahasiswa kita adalah pembela bagi kaum tertindas yang tidak tersentuh oleh kalangan pejabat publik. Kita harus mengawal setiap peraturan dan ketetapan-ketetapan yang dikeluarkan agar tidak terus mengkerdilkan potensi kesejahteraan rakyat. Karena politik merupakan kacah pertempuran berbagai ideologi dan kepentingan.

0 komentar:

Posting Komentar