Halaman

links

Mengawal Perjuangan KPK

Posted by YAZID RIDLA the inspirational leader On Rabu, Mei 04, 2011 2 comments


SUARA MAHASISWA, Mengawal Perjuangan KPK

Thursday, 05 May 2011
Telah diterbitkan oleh koran Seputar Indonesia tanggal 05 mei 2011 di rubrik suara mahasiswa,.

Masa depan korupsi masih cerah. Begitulah realitas kebangsaan kita hari ini. Mental korupsi masih mendarah daging dalam karakter masyarakat,baik itu para pejabat maupun supir angkot. Pernyataan di atas merupakan sebuah pandangan yang menantang hati nurani untuk bergerak dan melihat realitas.

Tindak korupsi masih menjadi konsumsi harian kita sebagai mahasiswa perguruan tinggi. Praktik kecurangan akademis bukan suatu hal yang tidak wajar bagi sebagian besar mahasiswa. Kebiasaan itu terus berkembang menjadi tunas korupsi dan terkatalisasi dalam sebuah sistem komunikasi yang acuh tak acuh.Pihak pendidik yang mengetahui hal ini merasa nyaman dan menganggap dewasa semua anak asuhnya. Tidak ada sistem kontrol yang komunikatif antara mahasiswa dengan civitas academica lainnya.

Tidak berbeda jauh dengan di kampus, kita dapat melihat sebuah laboratorium penelitian korupsi terbesar di negeri kita dalam kancah perpolitikan.DPR yang sejatinya mendukung penuh pemberantasan korupsi malah berbuat sebaliknya. Mereka melakukan manuver-manuver politik yang menggeramkan. Beberapa contoh kasusnya adalah bersikukuhnya keinginan mereka membangun gedung mewah baru dan membuat RUU KPK yang terasa ganjil.

Dalam hal ini mereka malah menjadi first guardian bagi korupsi dengan mengintervensi langkah KPK.Mereka hendak membuat RUU KPK yang terkesan membatasi kinerja KPK dan tertuang dalam sepuluh poin rancangannya. Hari ini KPK merupakan lembaga yang paling progresif dalam mengentas kasus korupsi dibandingkan polisi. Berbagai prestasi penangkapan dan pencegahan kasus besar menjadi bukti kredibilitas lembaga ini. Sampai saat ini, sekitar 42 anggota DPR telah diproses hingga tuntas dan sekitar 100 anggota telah terbukti terjerat kasus tindak pidana korupsi.

Selain itu, KPK mulai membangun jaringan dengan berbagai stakeholder negara,mulai dari gerakan mahasiswa hingga kalangan swasta dan pebisnis. Pelatihan-pelatihan serta propaganda antikorupsi sudah sangat familier di masyarakat. Harapan itu masih ada.KPK menjadi kebutuhan publik karena belum ada pengganti yang sepadan.RUU KPK yang disinyalir bersifat destruktif tidak akan menghalangi dan memperbodoh opini rakyat dan gerakan antikorupsi.

Rakyat semakin pintar melihat dan menilai kinerja para wakilnya di gedung Senayan. Kebodohan-kebodohan yang dilakukan para pejabat semakin membuat masyarakat muak dan menginginkan perubahan. Akhirnya rakyat pun akan semakin pintar memilih calon wakil dan pemimpin mereka di periode berikutnya berdasar opini yang terbentuk dan kabar yang beredar cepat.

Akhirnya mungkin kita dapat mengatakan bahwa fajar akan segera tiba dan kita harus mengambil peran dalam perjuangan ini. Jadilah rakyat yang kritis dan peduli.Mari kita kawal perjuangan melawan korupsi dimulai dari diri sendiri hingga berperan lebih ke depannya. ●

YAZID RIDLA
Mahasiswa Institut
Teknologi Bandung (ITB)

2 komentar:

mantap zid..
Silaturahim ptama di blog antm, ternyata bagus juga

hehe sering-sering aja nif..., semoga bermanfaat

Posting Komentar