Halaman

links

(hidrodinamika) deformasi sudut

Posted by YAZID RIDLA the inspirational leader On Rabu, Maret 02, 2011 6 comments

Deformasi Sudut
Salah satu fenomena fisis cairan di alam adalah teradinya gerak deformasi sudut ( Angular Deformation). Perbedaan deformasi sudut dengan dilatasi adalah pada hubungan komponen kecepatan dengan arahnya. Pada deformasi sudut terjadi perubahan sudut dalam transformasi bentuknya. Hal ini terjadi karena komponen kecepatan memiliki besar yang berubah dan tidak bergantung pada arahnya yang sejajar. Jika u merupakan komponen kecepatan yang seajar dengan arah x maka fungsi kecepatan u tidak bergantung pada posisi x begitu pula dengan v dan w.
u≠u(x);v≠v(y);w≠w(z) namun
u=u(y,z);v=v(x,z);dan w=w(x,y)



Studi Kasus fisis deformasi sudut dan penurunan besar kecepatan partikel



kasus perubahan bentuk elemen fluida diatas dibarengi dengan gerak translasi. Perubahan kecepatan partikel diatas hanya terjadi pada komponen kecepatan u terhadap arah sumbu y ∂u/∂y>0 dan ∂u/∂x=0. Tidak adanya perubahan ukuran AD dengan A’D’ menunukkan bahwa tidak ada perubahan kecepatan u terhadap arah sumbu x. Jadi kecepatan gerak partikel cairan diatas adalah
u_(B-B'')=u+∂u/∂y dy
Selain menghitung besar kecepatan partikel kita juga perlu menghitung presentase perubahan segmen terhadap waktu. Perubahan segmen adalah perbandingan segmen dengan radius. Jika dilihat digambar atas segmen adalah jarak dari C’1 ke C’4 sedangkan radius adalah jarak dari A’ ke C’1. Jadi kita membutuhkan perhitungan geometri phitagoras untuk memecahkan persoalan ini. Anggap saja α bernilai 450.
C^' 1C^' 3=2(C^' 2C^' 4)=2{(C^' 1C^' 4) cos⁡〖45}〗=2(C^' 1C^' 4)( 1/2 √2)
A^' B^''=(A^' C^' 1)(1/2 √2) (A^' C^' 1)=2/√2 (A^' B^'' )=√2 dy
C^' 1C^' 4= C'3C'1/√2=(∂u/∂y dydt)/√2
Jadi
dr/dt=d/dt {segmen/radius}≅d/dt {((C^' 1C^' 4))/((A^' C^' 1) )}=d/dt {((∂u/∂y dydt)/√2)/(√2 dy)}=d/dt (1/2 ∂u/∂y dt)=1/2 ∂u/∂y
dr/dt=1/2 ∂u/∂y=====> ∂/∂t ((C^' 4C^' 3)/(A^' C^' 4))=1/2 ∂u/∂y

6 komentar:

statistiknya bakal rame di rabu malem dan kamis pagi. haha

g usah Rabu malam. sekarang aja hahaha. tengkyu bang

MASIH RAME SAMPE 2012 TERNYATA HAHAHA

-TRS-

kk ..mau nanya nih , ttg gerak elemen fluida ,gerak elemn fluida iu kan dibagi lagi menjdi deformasi linier dan deformasi sudut rotasional dan irotasional dari ke 4 gerak elemen fluida yang diatas,apakah mungkin diantaranya terjadi secara bersamaan dan apakah mungkin terjadi secara bersamaan di alam terbuka.tolong dijelasin yah k .

Posting Komentar